18
Jul
08

TugaS DNS + Flowchart (Poerwono Hendradi)

Kelompok Jaringan Komputer

Yenik Hariyanto ( 07.0511.0146)

Vivin Vitri I (07.0511.0177)

Siti Maridaningsih (07.0511.0097)

Nur Faizah (07.0511.0077)

Rochanah (07.0511.0089)

TENTANG DNS

DNS (Domain Name System) adalah suatu system yang mengubah nama host (seperti linux.or.id) menjadi alamat IP (seperti 64.29.24.175) atas semua komputer yang terhubung langsung ke Internet. DNS juga dapat mengubah alamat IP menjadi nama host.

Internet dan hamper semua jaringan local tergantung pada ketangguhan Domain Name Service (DNS) yang digunakan untuk meresolve nama-nama sistem ke dalam IP address atau sebaliknya (reverse lookup). Agar fasilitas DNS tersedia di dalam jaringan, diperlukan sebuah nameserver.

DNS Memungkinkan para pengguna jaringan komputer menggunakan nama seperti user.situsku.com sebagai pengganti untuk mengingat IP address 192.168.1.202.

Pada saat suatu host di dalam suatu jaringan terhubung ke jaringan lain melalui nama host, disebut juga fully qualified domain name (FQDN), DNS digunakan untuk mengetahui IP address dari host tersebut.

Penggunaan DNS juga memberikan keuntungan kepada administrator sistem berupa fleksibilitas untuk mengubah IP address suatu host tanpa mempengaruhi query-query berbasis nama suatu mesin.

DNS normalnya diimplementasikan menggunakan sebuah server sentral yang mempunyai hak atas beberapa domain dan mengacu ke server DNS lain jika koneksi dilakukan ke domain yang berada di luar tanggung jawabnya.

Suatu aplikasi client akan meminta informasi dari name server yang biasanya berjalan pada port 53. Nameserver akan mencoba meresolve FQDN berdasarkan library resolver yang berisi authoritative tentang data host yang diminta atau nama yang dicache oleh suatu query sebelumnya. Jika name server belum mempunyai library resolver, name server memeriksa root name server, untuk memastikan name server mana yang bertanggungjawab atas FQDN yang diminta.

Kemudian, dengan informasi tersebut, ia akan meminta nameserver yang mempunyai otoritas atas nama tersebut untuk menentukan IP address. Pada proses reverse lookup, digunakan prosedur yang sama, hanya saja query dibuat melalui suatu IP address, bukan nama.

((http://mufari.wordpress.com/2008/06/17/sekilas-tentang-dns/ ))

Konsep & Cara Kerja DNS

DNS bekerja secara hirarki dan berbentuk seperti pohon (tree). Bagian atas adalah Top Level Domain(TLD) seperti COM, ORG, EDU, MIL dsb. Seperti pohon DNS mempunyai cabang-cabang yang dicari dari pangkal sampai ke ujung. Pada waktu kita mencari alamat misalnya linux.or.id pertama-tama DNS bertanya pada TLD server tentang DNS Server yang melayani domain .id misalnya dijawab ns1.id, setelah itu dia bertanya pada ns1.id tentang DNS Server yang bertanggung jawab atas .or.id misalnya ns.or.id kemudian dia bertanya pada ns.or.id tentang linux.or.id dan dijawab 64.29.24.175

Sedangkan untuk mengubah IP menjadi nama host melibatkan domain in-addr.arpa. Seperti domain lainnya domain in-addr.arpa pun bercabang-cabang. Yang penting diingat adalah alamat IP-nya ditulis dalam urutan terbalik di bawah in-addr.arpa. Misalnya untuk alamat IP 64.29.24.275 prosesnya seperti contoh linux.or.id: cari server untuk arpa, cari server untuk in-addr.arpa, cari server untuk 64.in-addr.arpa, cari server 29.64.in-addr.arpa, cari server untuk 24.29.64.in-addr.arpa. Dan cari informasi untuk 275.24.29.64.in-addr.arpa. Pembalikan urutan angkanya memang bisa membingungkan.

Apa?

l Alamat IP terdiri atas 32 bit, yang dapat ditulis secara biner, hexa ataupun desimal

l Walaupun sudah ditulis secara desimal, orang tetap sulit mengingat-nya satu-satu

l Analogi: kitapun sulit mengingat nomer telepon kenalan-kenalan yang banyak, sehingga diperlukan buku telepon

l Di dalam HP bahkan tersedia buku telepon. Dan kita tinggal pilih nama orang yang kita hubungi tanpa pernah menghapal nomer telepon orang itu

Bagaimana?

l Untuk menghubungi suatu PC ada dua cara

Ketikkan alamat IP (202.46.49.18)ā€

Ketikkan Domain Name-nya (kuliahendradi.co.nr)ā€

l DNS juga bisa digunakan untuk mencari nama host jika alamat IP diketahui

Berikut adalah cara kerja DNS:

Berikut adalah flowchartcara kerja DNS :


2 Responses to “TugaS DNS + Flowchart (Poerwono Hendradi)”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


bbb

Nthink’s insidE

ney bLoger dibuat sebagai t4 nuangin uneg2 ati... n b'bagi ilmu n' informasi buat temen2 semua yang singgah ato skedar ngintip bloger q ney...^^
kritik & saran dari temen2 akn sangat bermanfaat bagi q untuk lebih baik...
sEmangadddd.....

alow???

mcamv2_animsample1

aSSaLammualaikum…

_wELcome to mY paGE_

hmmm…

aaa
Juli 2008
S S R K J S M
« Mei   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

_cReated bY_


%d blogger menyukai ini: